Selasa, 12 April 2016

CARA MENANAM BROKOLI DI DALAM POT





Cara Menanam Brokoli Di Dalam Pot - Brokoli adalah sebuah sayuran yang biasanya dibuat untuk makanan soup, tumis, dan capcai. Ada dua jenis brokoli yang biasanya kita kenal dipasar-pasar tradisional dan pasar suwalayan, yaitu brokoli putih dan brokoli hijau, tapi untuk manfaatnya buat kesehatan brokoli hijau lebih bermanfaat daripada brokoli putih, dikarnakan kanduangan antioksidannya yang tinggi.

Berikut ini adalah khasiat brokoli yang bisa kalian dapatkan:
  • Meningkatkan kesehatan tulang.
  • Membantu mencegah penyakit kanker karna kandungan antioksidannya yang tinggi otomatis bisa mencegah penyakit kanker.
  • Mengontrol tekanan darah
  • Memperbaiki kerusakan kulit.
  • Dan bisa dijadikan menu untuk diet karna kandungan seratnya.
  • Mengurangi risiko terkena spina bifida ( salah satu jenis gangguan kelainan tulang belakang ).
  • Membantu melawan anemia.
  • Mengurangi risiko terkena katarak.
  • Membantu menurunkan risiko gangguan jantung dan stroke.

Itu semua adalah sekilas tentang khasiat brokoli buat tubuh kita, sebenarnya masih banyak sekali khasiat dari brokoli, tapi berubung pembahasan kita terfokus terhadap Bagaimana Cara Menanam Brokoli Dalam Pot, jadi yang kita bahas adalah proses penanamannya, bukankhasiatnya.

Untuk menanam brokoli dalam pot ada beberapa bahan yang harus kita kumpulakan, berikut ini adalah bahan yang harus kita siapkan :
  • Pot.
  • Bibit brokoli
  • Pupuk Organik, Pupuk Urea, dan Pupuk ZA
  • Tanah Liat.
  • Fungisida untuk menyeterilkan bibit.
  • Pestisida jika dibutuhkan

Cara penanaman brokoli dalam pot :
  1. Sterilkan dulu bibit brokoli dengan fungisida, dengan dosis sesuai anjuran yang terdapat dalam kemasan fungisida.
  2. Bibit yang sudah steril selanjutnya diseleksi dengan cara merendamnya dalam air, bibit brokoli yang baik akan tenggelam, sedangkan bibit brokoli yang buruk akan mengambang di dalam air.
  3. Setelah merendamnya kedalam air, selanjutnya kita mengambil bibit mengambang, sedangkan untuk bibit yang tenggelam biarkan direndam didalam air selama 12 jam sampai bibit brokoli menjadi sebuah kecamba.
  4. Sambil menunggu bibit brokoli menjadi kecamba, sebaiknya kalian siapkan tanah liat dan pupuk organik dengan komposisi 90:10 lalu mencampurnya , setelah kalian mencampur pupuk organik dengan tanah liat, kalian harus memasukkan tanah yang bercampur pupuk organik itu kedalam pot.
  5. Setelah itu masukkan bibit brokoli yang sudah menjadi kecamba itu kedalam pot yang sudah bercampur tanah liat dan pupuk organik, lalu menyiramnya dengan air.

Proses perawatan:
Untuk mencegah serangan hama penyakit, lakukan penyemprotan pestisida meskipun belum ada gejala serangan hama. Penyemprotan tersebut dapat dilakukan setiap 2 minggu sekali untuk panaman yang lebih besar, tapi jika kalian hanya menanam dalam pot saja yang kapasitas pananamanya hanya untuk kebutuhan keluarga saja, kalian bisa mengambil setiap ulat yang ada di dalam tanaman brokoli.

Pemupukan Tambahan :
Untuk pemupukan tambahan kalian bisa menggunakan pupuk Urea dan za dengan ukuran satu sendok teh untuk setiap potnya, itu dilakukan pada minggu pertama setelah penanaman, lalu tiga minggu setelah penanaman, dan lima minggu setelah penanaman. Tapi terkadang untuk pupuk Urea dan ZA sangat sulit didapatkan didaerah perkotaan, oleh karna itu sebaiknya kalian menggunakan pupuk organik yang direndam dalam air selama 10 sampai 15 hari, supaya kandungan pupuk organik bisa terfermentasi dengan sempurna, lalu setelah itu kita menyiramnnya kedalam pot yang berisi tanaman brokoli.

Proses Pemanenan :
Untuk proses pemanenanya bisa kalian lakukan di waktu masa bunga meraih ukuran optimal. Cara diatas bisa kalian lakukan dirumah kalian sendiri, meskipun halaman kalian sangat sempit. Sekedar masukan buat kalian ingat diera pemanasan global ini satu tumbuhan di halaman rumah kita sangat penting untuk keluarga kita, alasannya tumbuhan itu bisa memberikan suplai oksigen buat keluarga kita, karna ada sebuah penelitian bahwa satu pohon bisa memberikan suplai oksigen buat lima orang, apa lagi jika dihalaman kita mempunyai banyak tumbuhan otomatis kita juga bisa memberikan suplai oksigen buat tetangga kita, bukan hanya keluarga kita, yaa itung-itung sedekah tidak terlihat. Apalagi tanaman yang kita tanam dihalaman rumah kita berupa sayuran yang sangat bermanfaat untuk memberikan kebutuhan akan sayuran di keluarga kita.

Cukup sampai sini saja penjelasan tentang
Cara Menanam Brokoli Dalam Pot, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat temen-temen semuanya. Salam Go Green dari saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar